Artikel
Peringati 10 Muharram, NRA Group Santuni Anak Yatim


Bulan Muharram menjadi salah satu bulan istimewa. Rasulullah SAW sendiri menyebutkan Muharram sebagai bulannya Allah SWT.

Salah satu tanggal penting di bulan Muharram adalah tanggal 10 Muharram penanggalan tahun Islam. Biasa disebut sebagai Hari Asyura.

Atas dasar itulah, NRA Group memperingatinya dengan menyelenggarakan serangkaian acara santunan anak yatim. Acara santunan tersebut bertajuk: "NRA Peduli Yatim".

Rangkaian kegiatan NRA Peduli Yatim dibuka oleh Bapak H Andi Bachtiar Gani mewakili Direktur NRA Group Ibu Hj.Irmawati Mochtar Asrul SE.

Dalam sambutannya, Bapak H. Andi Bachtiar Gani, mengingat kembali acara-acara yang diselenggarakan NRA Group untuk memperingati 10 Muharram. 

Beliau menceritakan bahwa Acara peringatan 10 Muharram ini merupakan acara yang secara rutin dilaksanakan sejak dulu. Telah dilaksanakan hampir sama dengan usia NRA Group yang berusia 18 tahun. Bahkan, sudah dilaksanakan pada masa pendiri NRA Group Alm. Bapak H. Muchtar Daeng Remba dan Almh. Ibu Hj. Syamsiah Daeng Asih, orang tua dari Ibu Hj.Irmawati Mochtar Asrul SE ini. 

Pada awalnya, peringatan 10 Muharram hanya sunatan massal kecil-kecilan yang diadakan setiap bulan muharram. "Diselenggarakan di sekitar tempat tinggal beliau yang berada didaerah petojo," kenang Bapak Andi Bahtiar Gani.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Acara Peduli Sosial, yang merupakan perwakilan dari NRA Foundation, Dr. H. Muhammad Bayu mengatakan, acara NRA Peduli Yatim pada dasarnya tidak hanya memberikan santunan dan biaya pendidikan, tetapi juga untuk memerdekakan kesehatan anak yatim.

"Kami NRA Foundation juga memberikan nilai plus berupa memberikan pengobatan kesehatan gratis, untuk tahun ini alhamdulillah sangat didukung oleh pimpinan NRA Foundation dan pimpinan NRA Group," ucap Dr. Muhammad Bayu.

Acara NRA Peduli Yatim diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 22-23 September 2011, bertempat di Wisma Umrah dan Haji Indonesia, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Selama dua hari tersebut, NRA mengadakan beragam jenis kegiatan. Mulai dari sosialisasi kesehatan, tausiyah agama, pemeriksaan kesehatan termasuk gigi, cooking clinic, pemberian buku tabungan, dan pemberian bingkisan.

Sekitar 1000 anak yatim dilibatkan dalam acara tersebut. Mereka berasal dari 27 yayasan anak yatim di wilayah Jabodetabek.

Sosialisasi kesehatan yang di selenggaralan di pelataran Wisma Umrah dan Haji dikemas dengan berbagai permainan. Diharapkan menggugah kesadaran anak-anak pentingnya menjaga kesehatan dari hal yang paling dasar, seperti mencuci tangan, menggosok gigi, dan lain-lain.

Di tempat yang sama juga diisi dengan tausyah ringan dari ustadz-ustadz NRA Group. Tausyah berisi kisah-kisah Islam.

Kegiatan berikutnya, pemeriksaan kesehatan gratis oleh dokter-dokter NRA Group. Pemwriksaan ditempatkan di lantai 2 Wisma Umrah dan Haji.

Pemeriksaan gratis berupa pemeriksaan secara umum, pemeriksaan gigi dan mulut. NRA Grouo juga memberikan pengobatan gratis.

Selanjutnya, ada Cooking Class yang diampu oleh chief-chief dari Cafe Musdalifah Wisma Umrah dan Haji Indonesia. Para anak yatim diajari membuat makanan-makanan kecil seperti burger mini, sandwich, fruitarlet, dan lain-lain.

NRA Group juga memberikan santunan berupa uang tabungan dan kartu kesehatan gratis. Kartu kesehatan gratis berlaku selama setahun di Klinik IRAS.

Selain itu, anak-anak yatim juga mendapatkan bingkisan berisi sabun, shampo, sembako, dan lainnya.

Untuk uang tabungan, NRA Group bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM). Uang santunan berbentuk buku tabungan dan kartu ATM BSM. Beberapa karyawan BSM pun ikut terlibat membantu kelancaran acara NRA Peduli Yatim ini. Yayasan anak yatim binaan BSM pun turut mendapatkan santunan dalam acara tersebut.

"Bank Syariah Mandiri sebagai penyalur antara NRA Foundation kepada anak-anak yatim sebanyak 1000 anak memberikan dana tabungan. Ini merupakan kerja sama jangka panjang terbukti kerja sama kita sudah lebih dari 5 tahun. Kita sebagai bank berbasis syariah dengan bekerja sama dengan NRA, sama saja kita bersyiar agama Islam," tutur Yurri Leonardi, salah seorang karyawan BSM yang hadir pada acara tersebut, Sabtu, 22 September 2018.

Pada Minggu sore, 23 September 2018, rangkaian acara NRA Peduli Yatim ditutup dengan pemberian buku berjudul "The Power of Silaturahim".

Acara penutupan kegiatan NRA Peduli Yatim sekaligus juga pembukaan NRA Travel Fair. Dibuka oleh Ibu Hj. Jumiati Sundeseng dengan pengguntingan pita. 

NRA Travel Fair akan dimulai besok Senin, 24 September 2018 di Wisma Umrah dan Haji Indonesia. Di sana, NRA akan menawarkan paket-paket umrah dan haji juga promo-promo menarik. NRA Travel Fair berlangsung sekitar seminggu. Berakhir pada 30 September 2018